Article

Hubungan Konsep Diri Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa S1 Keperawatan Semester III Kelas Ekstensi PSIK FK USU Medan

Source: OAI

ABSTRACT

09E00579 Situasi belajar bersifat kompleks dan melibatkan interaksi dari berbagai komponen. Di PSIK FK USU khususnya pada program pendidikan S1 keperawatan kelas ekstensi sering ditemukan mahasiswa yang tidak dapat meraih prestasi akademik yang sesuai dengan kemampuannya. Prestasi akademik pada dasarnya merupakan hasil interaksi dari berbagai faktor yang berbeda antara satu mahasiswa dengan mahasiswa lain. Salah satu faktor yang mempengaruhi tersebut adalah konsep diri yang dimiliki mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan konsep diri dengan prestasi akademik mahasiswa dengan menggunakan desain penelitian deskriptif korelatif. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 18 Desember 2008 di PSIK FK USU Medan. Sampel penelitian ini sebanyak 50 orang. Teknik penentuan jumlah sampel dengan dengan metode total sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang terdiri dari kuesioner data demografi dan kuesioner konsep diri. Kuesioner konsep diri terdiri dari gambaran diri, ideal diri, harga diri, peran, dan identitas diri. Alat ukur prestasi akademik dilihat dari nilai indeks prestasi kumulatif mahasiswa pada semester II, data indeks prestasi kumulatif diambil dibagian pendidikan PSIK FK USU Medan. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar mahasiswa memiliki konsep diri yang positif sebesar (n= 43; 86% ). Analisa data menggunakan uji korelasi Pearson menunjukkan hasil bahwa antara konsep diri dengan prestasi akademik mahasiswa terdapat hubungan yang bermakna dengan r=0,384 dan p=0,006. Sehingga hipotesa alternatif (Ha) diterima dan hipotesa nol (Ho) ditolak. Manfaat yang didapat dari penelitian ini adalah, sudah seharusnya institusi pendidikan membangun konsep diri yang positif dari mahasiswa sebagai peserta didik. Sehingga tujuan untuk menghasilkan mahasiswa yang berprestasi dapat tercapai. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya, diharapkan untuk melanjutkan penelitian dengan menggunakan desain penelitian exploratif untuk mencari akar permasalahan terhadap konsep diri negatif yang dimiliki mahasiswa. Mahnum Lailan Nasution, Skep. Ns

14 Followers
 · 
780 Reads
  • Source
    • "Sisanya atau sekitar 94.8,00% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak menjadi fokus dalam penelitian ini. Rola (dalam Sahputra, 2009) menyebutkan beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa, antara lain pengaruh keluarga dan kebudayaan, peranan konsep diri, dan pengakuan prestasi. "
    [Show abstract] [Hide abstract]
    ABSTRACT: Higher education's tuition fees are becoming obstacle for several high school students that coming from poor family background to continue their study at higher level. To solve that problem, higher education institution gives scholarship programs to attract prospective students to enroll in their university. The purpose of scholarship program is to support students financially; hopefully they can concentrate more in academic matters. In this research, academic achievement will measured using student's cumulative GPA; meanwhile student's learning motivation, self adjustment and student's satisfaction will be assessed with some questionnaires based on Likert scale. Participant of this research are 174 scholarship students of University X. The hypothesis test showed that learning motivation, self adjustment, and student's satisfaction has a significant influence toward academic achievement as much as 5,2 %. Learning motivation, and student's satisfaction are proved to have significant partial correlation with academic achievement (p<0.05). Meanwhile, Self Adjustment has no significant partial correlation with academic achievement of scholarship students at University " x "
    Full-text · Conference Paper · Jun 2014