Jurnal Pasar Modal dan Bisnis

Published by The Indonesia Capital Market Institute
Online ISSN: 2715-5595
Publications
Article
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan abnormal return sebelum dan sesudah pengumuman perubahan waktu perdagangan atas transaksi bursa pada Bursa Efek Indonesia selama pandemi covid 19. Populasi penelitian adalah seluruh perusahaan yang melakukan masuk ke dalam perusahaan LQ45 di BEI pada periode bulan Februari – Juli 2020 yaitu sebanyak 45 perusahaan. Sampel pada penelitian ini diambil dengan menggunakan metode sensus, berarti jumlah sampel yang diambil sama dengan jumlah anggota populasi. Untuk menguji hipotesis penelitian ini menggunakan Paired sample test. Uji ini digunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan rata-rata antara dua kelompok sampel yang berpasangan (berhubungan). Artinya, sebuah sampel tetapi mengalami dua perlakuan yang berbeda. Objek penelitian ini adalah abnormal return. Untuk melakukan perhitungan abnormal return, terlebih dahulu harus mencari actual return dan expected return. Untuk melakukan perhitungan expected return menggunakan pengukuran Market Adjusted Model.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan abnormal return sebelum dan sesudah pengumuman perubahan waktu perdagangan atas transaksi bursa pada Bursa Efek Indonesia selama pandemi covid 19.
 
Article
Penelitian keputusan berinvestasi saat Covid-19 diukur oleh pengaruh yang ditimbulkan oleh risiko, return, dan perekonomian Indonesia. Responden ditargetkan pada mahasiswa berjumlah 20 orang dengan random sampling yang dilakukan menggunakan kuesioner. Kemudian analisis menggunakan perangkat lunak SPSS dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel return menjadi hal yang berpengaruh dalam menentukan berinvestasi saham saat Covid-19 atau tidak. Sedangkan variabel independen lainnya tidak mempengaruhi karena memiliki siginifikansi yang tidak sesuai dengan aturan. Implikasi riset ini menghasilkan untuk mendorong berbagai sektor dan pihak-pihak, seperti pemerintah dan pihak terlibat lainnya agar saling berkolaborasi dan bekerjasama untuk memberikan edukasi dan pemahaman terkait investasi saham terhadap mahasiswa.
 
Article
Tujuan penelitian adalah menguji peristiwa-peristiwa yang muncul di awal masuknya pandemi Covid-19 dan. melakukan estimasi saham sektor perbankan dengan analisis teknikal. Metode yang digunakan adalah uji beda setiap peristiwa, pada saat pengumuman pertama kali pandemi Covid-19 di Indonesia, sampai dengan berlakunya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk pertama kalinya diberlakukan di Jakarta sebagai Ibu Kota Indonesia. Hasilnya, saat diumumkan adanya pandemi Covid-19 pada hari Jumat sore, berdampak pada transaksi perdagangan di hari Senin dan Selasa. Peristiwa ini pula menyebabkan penurunan trading saham, sehingga diberlakukan trading halt akibat penurunan IHSG lebih dari lima persen. Peristiwa trading halt sendiri berdampak untuk trading pada hari berikutnya. Sedangkan peristiwa PSBB Jakarta untuk pertama kali diberlakukan, hasilnya memiliki dampak untuk hari pertama serta beberapa hari setelah PSBB diterapkan. Prediksi analisis teknikal memperlihatkan adanya kepercayaan investor setelah pemerintah melakukan kebijakan fiskal maupun moneter kepada semua perusahaan yang berdampak akibat pandemi Covid-19 ini. Estimasi sektor perbankan untuk bulan November 2020, jangka pendek mengalami kenaikan.
 
Article
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan likuiditas, profitabilitas, leverage dan earning per share terhadap underpricing pada perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO) tahun 2009-2018, menggunakan metode purposive sampling dengan total sampel 156 perusahaan. Jenis data yang digunakan yaitu data sekunder yang diperoleh dari prospektus dan laporan keuangan perusahaan. Pengujian hipotesis menggunakan korelasi spearman rank-order correlation. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Likuiditas tidak mempunyai hubungan terhadap underpricing, (2) Profitabilitas mempunyai hubungan yang rendah terhadap underpricing, (3) Leverage (DER) mempunyai hubungan yang sangat rendah terhadap underpricing, (5) Earning per share (EPS) tidak mempunyai hubungan terhadap underpricing.
 
Article
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis secara empiris pengaruh Return On Assets, Return On Sales, Earning Per Share, Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Total Assets Turnover, Price Earning Ratio, dan kebijakan dividen terhadap harga saham. Objek dalam penelitian ini adalah perusahaan LQ-45 yang konsisten terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2017. Sampel penelitian sebanyak 10 perusahaan yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Data penelitian merupakan data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI) yang diuji dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Return On Sales, Earning Per Share, Debt to Equity Ratio, dan Price Earning Ratio berpengaruh terhadap harga saham. Sedangkan Return On Assets, Current Ratio, Total Assets Turnover, dan kebijakan dividen tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
 
Article
Penelitian ini dilakukan dalam rangka untuk menguji pengaruh faktor-faktor fundamental keuangan perusahaan (CR, ROA, NPM, DER, EPS, PBV, PER dan TATO) terhadap Return saham perusahaan kelompok Jakarta Islamic Index tahun 2011-2016. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan kriteria yaitu perusahaan selalu listing dan konsisten di Jakarta Islamic Index dari tahun 2011-2016. Data yang diperlukan dalam penelitian ini didapatkan dari ICMD (Indonesian Capital Market Directori), ICAMEL (Indonesian Capital Market Electronic Library) dan TICMI (The Indonesia Capital Market Institute) dengan jumlah sampel sebanyak 15 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah metode Random Effect dengan Generalised Least Square sebagai alat estimasinya. Hipotesis uji yang digunakan yaitu t-statistik dan F-statistik pada tingkat signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan PER dan EPS berpengaruh negatif signfikan secara statistik terhadap Retutrn saham, sedangkan CR, NPM, DER, EPS, PBV dan TATO tidak berpengaruh signifikan secara statistik terhadap Return saham. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor fundamental berupa rasio penilaian (EPS dan PER) yang digunakan oleh investor untuk memprediksi Return saham perusahaan kelompok JII tahun 2011-2016.
 
Article
This study aims to determine the effect of liquidity, growth opportunities, profitability and company size on the leverage of manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange. The period used in this research is 5 years, starting from 2014 to 2018. The population in this study is 126 manufacturing companies that have been and are still listed on the Indonesia Stock Exchange for the period 2014-2018. The sample selection technique was purposive sampling method and obtained 40 manufacturing companies that were used as samples. The data analysis technique used is multiple linear regression. Based on the results of data analysis, liquidity and profitability partially have a negative and significant effect on Leverage, Growth Opportunity has no effect on Leverage, Firm Size has no effect on Leverage. Based on the Anova test, it is known that the F statistical value is (107.502) with a significance of (0.000). The adjusted R Square value is (0.682 or 68.2%), this is, if the independent variable is statistically significant in influencing the dependent variable, there is an indication of heteroscedasticity. We recommend that if the independent variable is not statistically significant in affecting the dependent variable, there is no indication of heteroscedasticity. This is observed from the significance of the profitability above the 5% confidence level. Keywords: Leverage, Liquidity, Growth Opportunity, Profitability, Company Size
 
Article
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terjadi fenomena (January Effect) pada Saham Perusahaan Perbankan yang termasuk dalam LQ-45 dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016 - 2019, dengan melihat dari perbedaan return saham dan trading volume activity bulan Januari dan bulan selain Januari. Populasi dari penelitian ini adalah Saham Perusahaan Perbankan yang termasuk dalam LQ-45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dimana 3 perusahaan dipilih sebagai sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan Uji One Way ANOVA dan Non Parametrik Kruskall Wallis. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan return saham bulan Januari dengan bulan lainnya, dan terdapat perbedaan yang signifikan pada trading volume activity pada bulan Januari dengan bulan lainnya, namun return saham dan trading volume activity bulan Januari bukan yang tertinggi diantara bulan yang lainnya, sehingga January Effect tidak terbukti terjadi pada Perusahaan Perbankan yang termasuk dalam LQ-45 dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016 -2019.
 
Article
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis secara empiris pengaruh earning per share, net profit margin, free cash flow dan likuiditas terhadap kebijakan dividen. Objek dalam penelitian ini adalah perusahaan yang konsisten terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2016-2018. Sampel penelitian sebanyak 13 perusahaan yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Data penelitian merupakan data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Analisis data menggunakan analisis regresi data panel. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program E-Views 9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa net profit margin, free cash flow dan likuiditas berpengaruh terhadap kebijakan dividen. Sedangkan earning per share tidak berpengaruh terhadap kebijakan dividen. Secara keseluruhan variabel independen berpengaruh terhadap kebijakan dividen secara simultan.
 
Article
Penelitian ini menganalisis perbedaan abnormal return dan apakah terdapat kandungan informasi pada saham LQ-45 sebelum dan setelah perisitiwa pemilihan presiden 2019, pada tanggal 17 April 2019. Penelitian ini menggunakan event study, dilakukan pengamatan terhadap rata-rata abnormal return selama 10 hari sebelum event date, dan 10 hari setelah peristiwa pemilihan presiden 2019. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi harga saham, penutupan harian, indeks saham. Return ekspektasi menggunakan model disesuaikan dengan pasar. Sampel yang digunakan adalah saham-saham yang termasuk dalam daftar LQ-45 di Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah uji beda (t test) berpasangan (paired sample t test). Berdasarkan analisis uji paired samples t test menunjukkan hasil bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan abnormal return sebelum dan sesudah peristiwa pemilihan Presiden.
 
Article
This study presents data on abnormal stock return movements with simple calculations. The result of deep analysis using event study method from major stocks in each sector, prove that There is negative response by the market to the student demonstration during the end of September 2019 that create abnormal return condition until it gets back to be normal in the middle of October. The sectors studied include the banking sector, construction, infrastructure, consumer needs, media, industrial materials, machinery, mining, and health care. Stock returns in Indonesia with inefficient market conditions are vulnerable to issues. Capital markets tend to be easily influenced by political and macroeconomic conditions, but even though the condition of return is abnormal, investors still have the potential to get favourable results. Keywords: Stock market, Market efficiency, Event study, Stock Price, Stock Returns
 
Article
Fleksibilitas yang dimiliki perusahaan untuk memilih metode akuntansi yang digunakan dalam penyusunan laporan keuangan sering digunakan oleh manajer untuk mencapai kepentingan mereka sendiri. Pilihan metode akuntansi yang disengaja dikenal sebagai manajemen laba. Manajemen laba perusahaan ditujukan untuk investor agar investor membeli saham perusahaan sehingga nilai saham akan meningkat yang akan meningkatkan nilai perusahaan juga. Manajemen laba dapat diminimalisir dengan menerapkan tata kelola perusahaan yang baik melalui praktik tata kelola perusahaan yang baik seperti komposisi komisaris independen, kualitas audit, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dan komite audit. Penelitian ini menguji pengaruh biaya akrual diskresioner dan diskresioner terhadap nilai-nilai perusahaan dengan tata kelola perusahaan yang baik sebagai variabel moderasi dalam perusahaan sektor manufaktur di indonesia. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan tahunan dan laporan keuangan perusahaan sektor manufaktur yang dipublikasikan di bursa efek indonesia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 47 perusahaan dengan periode observasi selama 5 (lima) tahun dari 2014-2018. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akrual diskresioner parsial dapat berpengaruh positif pada model 1 dan negatif pada model 2 tetapi tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan biaya diskresioner memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Untuk praktik tata kelola perusahaan yang baik, tidak ada praktik yang dapat memoderasi hubungan akrual diskresioner terhadap nilai perusahaan, sedangkan komisaris independen, kualitas audit, kepemilikan institusional, dan kepemilikan manajerial dapat memoderasi hubungan biaya diskresioner dengan nilai perusahaan. Pengaruh biaya akrual diskresioner dan diskresioner secara simultan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 26,1% pada model 1, sedangkan pada model 2, biaya akrual diskresioner dan diskresioner dengan tata kelola perusahaan yang baik sebagai variabel moderasi berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai koefisien determinasi 83,9%.
 
Article
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan ilmu penge-tahuan dan teknologi yang menyebabkan banyaknya perusahaan membuat strategi bisnis berbasis ilmu pengetahuan yaitu intellec-tual capital (IC). Salah satu pengukuran yang dapat digunakan untuk mengukur IC adalah VAICTM yang dikembangkan oleh Pulic (2000). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh antara intellectual capital terhadap nilai dan kinerja keuangan perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode regresi linear sederhana. Sampel dari penelitian ini adalah perusahaan yang terdapat pada sektor miscellaneous, consumer goods, property dan infrastructure yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015 sampai 2018. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa IC hanya mampu menjadi prediktor terhadap kinerja keuangan yang diukur dengan menggunakan return on asset (ROA) dan return on equity (ROE), sedangkan IC tidak mampu menjadi prediktor terhadap nilai perusahaan yang diukur menggunakan price book value (PBV), price earnings ratio (PER) dan tobin’s Q (Q).
 
Article
Tujuan penelitian ini yaitu Mengetahui pengaruh implicit self theory terhadap kualitas relasional jamaah dalam memilih travel umrah. Mengetahui pengaruh kualitas relasional terhadap loyalitas jamaah dalam memilih travel umrah. Mengetahui pengaruh implicit self theory terhadap loyalitas jamaah dalam memilih travel umrah. Metode analisis data dalam penelitian menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) dan Analsiis Mediasi. Berdasarkan tahapan analisis sesuai dengan prosedur penelitian yang ada, bahwa sesuai tujuan pertama mengetahui pengaruh implicit self theory terhadap kualitas relasional jamaah dalam memilih travel umrah, maka dapat disimpulkan bahwa berpengaruh. Mengetahui pengaruh kualitas relasional terhadap loyalitas jamaah dalam memilih travel umrah maka dapat disimpulkan bahwa berpengaruh. Mengetahui pengaruh implicit self theory terhadap loyalitas jamaah dalam memilih travel umrah maka dapat disimpulkan bahwa berpengaruh.
 
Article
Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk menganalisis perbedaan pada harga saham dan return saham sebelum dan sesudah akuisisi PT Freeport Indonesia oleh PT Indonesia Asahan Alumunium. Jenis penelitian yang dilakukan adalah studi peristiwa dengan periode tiga bulan sebelum terjadinya akuisisi dan tiga bulan setelah terjadinya akuisisi. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan yang menjadi bagian dari Holding BUMN Pertambangan PT Indonesia Asaham Alumunium (MIND ID) yang telah menjadi perusahaan terbuka dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia yaitu PT Aneka Tambang Tbk., PT Timah Tbk., dan PT Bukit Asam Tbk. Alat uji yang digunakan untuk menganalisa perbedaan harga saham dan return saham sebelum dan sesudah akuisisi yaitu Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada harga saham PT Aneka Tambang (ANTM), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), dan PT Timah Tbk (TINS) namun tidak terdapat perbedaan signifikan pada return saham ketiga perusahaan.
 
Article
Penelitian ini dilakukan pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Padang yang berperan sebagai akuntan junior dalam suatu model pembelajaran role-play dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa melalui pengujian modul praktik akuntansi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi untuk memperoleh data serta informasi yang lebih akurat dan lengkap pada situasi dan kondisi sebenarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat Partisipan dengan tingkat pemahaman akuntansi tinggi adalah sebanyak 58%, terdapat Partisipan dengan tingkat pemahaman akuntansi sedang adalah sebanyak 25% dan terdapat Partisipan dengan tingkat pemahaman akuntansi rendah adalah sebanyak 17%. Hasil juga menujukkan bahwa hambatan-hambatan selama model pembelajaran role-play ini adalah kurangnya Partisipan dalam memahami modul yang diberikan dan ketidakseriusan Partisipan dalam mengikuti model pembelajaran role-play
 
Article
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh keahlian terhadap ketepatan pemberian opini audit, pengalaman audit terhadap ketepatan pemberian opini audit, dan pengetahuan akuntansi dan auditing terhadap ketepatan pemberian opini oleh audit. Untuk itu dilakukan penelitian pada kap wilayah kota depok. Populasi dalam penelitian ini adalah auditor yang bekerja pada kap wilayah kota depok. Penelitian ini menggunakan convenience sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner, yang disebarkan kepada sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan pengujian hipotesis uji t untuk melihat pengaruh secara parsial. Hasil penelitian menunjukkan keahlian berpengaruh signifikan positif terhadap ketepatan pemberian opini audit, pengalaman audit tidak berpengaruh signifikan terhadap ketepatan pemberian opini audit, dan pengetahuan akuntansi dan auditing berpengaruh signifikan positif terhadap ketepatan pemberian opini oleh audit.
 
Article
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya pengungkapan akuntansi lingkungan, mekanisme GCG yang diproksi oleh dewan komisaris, Direksi dan komite Audit pada kinerja keuangan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode tahun 2016-2018 dan Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 22 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik Analisis Data menggunakan Statistik Deskriptif, Uji asumsi klasik, Analisis Persamaan Regresi Berganda, Pengujian Hipotesis dan Pengujian Koefisien Determinasi (R-Squares). temuan dalam penelitian ini adalah pengungkapan akuntansi lingkungan mempunyai pengaruh positif dan Mekanisme GCG yang di proksikan dengan dewan komisaris dan komite audit memiliki pengaruh negatif dan Dewan direksi tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja keuangan. masih sedikitnya sampel dan objek dalam penetian.
 
Article
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pergerakan saham JII 30 selama masa pandemic. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menganalisis penelitian ini menemukan bahwa saham JII 30 terutama pada saham sektor perbankan memiliki tingkat fluktuasi yang cukup tinggi. ketidakpastian dari keadaan pandemic menyebabkan dari sektor perbankan meningkat, sehingga berpengaruh pada perdagangan saham. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kebaruan dari penelitian ini adalah pergerakan saham masa pandemic, berbeda dengan penelitian sebelumnya yang masih banyak meneliti saat perdagangan dalam keadaan normal/sebelum ada pandemi. Alat analisis MACD, RSI, SO dan Buy and Hold, dapat menghasilkan return optimal pada saham BTPS. Keterbatasan dari penelitian masih membatasi pada sektor perbankan syariah saja
 
Article
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengambil keputusan saat yang tepat untuk jual dan beli saham pada IDX 30 dengan menggunakan analisis teknikal atara lain MACD, moving average, dan stochastic oscillator. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh saham yang terdaftar dalam IDX 30 selama periode 2017-2019 berjumlah 30 perusahaan. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Lokasi penelitian pada saham yang terdaftar di IDX30 dengan menggunakan software Chart AmiBroket. Analisis data menggunakan analisis teknikal dengan menggunakan tiga indikator yaitu MACD, moving average, dan stochastic oscillator. Berdasarkan hasil penelitian dari ketiga indikator tersebut, MACD menghasilkan profit yang paling besar. Momen yang tepat dalam menggunakan MACD adalah bila garis MACD memotong garis sinyal dari bawah ke atas atau Golden Cross sebagai adanya bullish trend. Kondisi yang memberi sinyal jual bila garis MACD memotong garis sinyal dari atas ke bawah atau Death Cross sebagai adanya bearish trend.
 
Article
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan membuktikan secara empiris tentang perbedaan kinerja keuangan antara Bank BRI Syariah, Bank Syariah Mandiri dan Bank BNI Syariah selama periode 2014-2018. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparasi. Data yang digunakan adalah data sekunder yang berupa laporan keuangan dari perusahaan yang diperoleh dari laporan keuangan publikasi Bank Indonesia melalui situs www.bi.go.id serta dari situs resmi masing-masing bank. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis rasio keuangan yang terdiri dari CAR, ROA, BOPO, FDR, dan NPF. Dan teknik analisis yang digunakan untuk melihat perbandingan kinerja keuangan Bank BRI Syariah, Bank Syariah Mandiri dan Bank BNI Syariah adalah metode uji Anova. Analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan untuk rasio ROA, BOPO dan FDR sedangkan pada rasio CAR dan NPF tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Kinerja keuangan Bank BRI Syariah lebih baik dari segi permodalan terhadap CAR, rasio efisiensi terhadap BOPO dan rasio NPF, kinerja keuangan Bank Syariah Mandiri dalam penelitian ini masih kurang baik dari kedua Bank yang lain yaitu Bank BRI Syariah dan Bank BNI Syariah.
 
Article
Purpose- This research aimed to study the effect of macroeconomic variables: Dow Jones Industrial Average, USD/IDR, and World Crude Oil Price towards Jakarta Composite Index (JCI) during the period of 2005-2016. Methods- This research using the daily closing prices of Dow Jones Industrial Average (JCI), USD/IDR, World Crude Oil Price, and Jakarta Composite Index, the GARCH (1,1) The data analysis technique used in this study is Generalized Autoregressive Conditional Heteroscedasticity (GARCH). The reason for choosing the GARCH analysis technique is that this study uses time series data which is often abnormal and cannot be normalized. Finding- Analysis show that Dow Jones Industrial Average and world crude oil price has a positive significant effect on the JCI while USD/IDR has a negative significant effect on JCI. Implication- The findings imply the importance to consider macroeconomic variables when investing at Jakarta Stock Exchange
 
Article
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh inflasi, nilai tukar kurs, dan indeks dow jones terhadap pergerakan indeks harga saham gabungan di bursa efek Indonesia. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, uji parsial (uji t), uji koefisien determinasi, dan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi dan uji multikolonieritas dengan bantuan SPSS statistc 24 for windows jumlah sampel dalam penelitian ini adalah data bulanan inflasi, nilai tukar kurs dan indeks dow jones dengan periode pengamatan yang dilakukan adalah 4 (empat) tahun dari 2016 – 2019. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inflasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pergerakan indeks harga saham gabungan di bursa efek Indonesia, nilai tukar kurs berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pergerakan indeks harga saham gabungan di bursa efek Indonesia, dan indeks dow jones berpengaruh positif dan signifikan terhadap pergerakan indeks harga saham gabungan di bursa efek Indonesia.
 
Article
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prediksi harga saham harian Sinar Mas Group di tengah isu tuntutan hak waris menggunakan metode ARIMA dan SARIMA. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder berupa data historis harga saham harian sejak 1 Januari 2019 sampai 24 Juli 2020. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa prediksi saham BSIM yang diperoleh dengan SARIMA (1,0,1)(0,1,1) menunjukkan, trend harga saham yang turun tetapi penurunannya tidak terlalu besar. Saham INKP yang diperoleh dengan ARIMA (2,1,3); MCOR dengan SARIMA (1,0,0)(0,1,1); SMAR dengan ARIMA (0,1,3); dan TKIM dengan SARIMA (1,0,1)(1,1,1) menunjukkan trend harga saham mengalami penurunan. Sementara itu, prediksi saham SMMA yang diperoleh dengan ARIMA (3,1,2) menunjukkan adanya trend kenaikan harga saham. Secara teknikalnya untuk memanfaaatkan momentum jangka pendek, buy on weakness untuk SMMA yang trennya menaik, sedangkan untuk saham BSIM, INKP, MCOR, SMAR dan TKIM yang trennya menurun dapat mengambil langkah untuk menjualnya.
 
Article
Penelitian analisis teknikal modern menjadi semakin popular saat ini, seperti Relative Strength Index dan Bollinger Bands. Tujuan penelitian dilakukan mengetahui hasil kombinasi RSI dan BB pada saham konstruksi. Metode penelitian dilakukan dengan memilih saham konstruksi melalui purposive sampling sebanyak empat saham yang kemudian menerapkan indikator RSI dan BB. Kemudian analisis dilakukan dengan melihat momentum kombinasi RSI dan BB dalam menentukan beli dan jual. Hasil penelitian menunjukkan kombinasi RSI dan BB cukup akurat dalam menentukan beli maupun jual dengan dibuktikan pemantulan harga saat menyentuh bottom maupun top indikator RSI dan BB. Sedangkan implikasi penelitian ini adalah investor dapat menentukan beli dan jual saham dengan menggunakan kombinasi indikator RSI dan BB serta dapat memberikan referensi bagi analis, baik di sekuritas maupun MI untuk memberikan rekomendasi bagi nasabah.
 
Article
Purpose- The purpose of this research is 2, that is, exploration in utilizing microblogging twitter data to obtain stock market sentiment attribute, secondly, finds the attribute of Indonesian stock market sentiment from twitter Indonesia Stock Exchange @IDX_BEI. Methods- This research is an exploratory study with longitudinal data. In exploratory research, the data used are primary data obtained by collecting Twitter social network account tweets, tweet samples are determined based on the period span July to December 2016. Finding- This research has obtained the stock market sentiment attribute obtained from @idx_bei, but the results are still minimal because the tweets delivered in @idx_bei are still general regarding IHSG and IPO only.
 
Article
Penelitian ini membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja industri perusahaan sekuritas di Indonesia. Berdasarkan teori struktur, perilaku, dan kinerja maka kinerja perusahaan sekuritas yang diukur dengan profitabilitas dapat dipengaruhi oleh konsentrasi pasar (traditional hypothesis), pangsa pasar (differentiation hypothesis), dan efisiensi (efficiency structure hypothesis). Hasil penelitian lain menunjukkan bahwa variabel makroekonomi seperti tingkat suku bunga acuan juga dapat mempengaruhi kinerja perusahaan. Tesis ini menggunakan regresi data panel dengan metode Estimated Generalized Least Square (EGLS) dengan efek acak yang secara statistik menunjukkan bahwa efisiensi, tingkat suku bunga acuan, dan pangsa pasar mempengaruhi profitabilitas perusahaan sekuritas. Sedangkan variabel lain yang mewakili konsentrasi pasar yaitu rasio konsentrasi secara statistik tidak mempengaruhi profitabilitas perusahaan sekuritas.
 
Article
Purpose- This study aims to examine the difference in returns between portfolio value stocks and growth stocks with comparative analysis. Methods- The population of this research is all companies in the Indonesia Stock Exchange. Based on the results of the purposive sampling method, there were 396 companies that were sampled in this study with IPO criteria before 2011. There were four portfolios formed, namely small growth, small value, big growth and big value portfolios, each consisting of 59 companies. Portfolio performance in this study was measured by the Sharpe, Treynor and Jensen indices. Finding- The results showed a difference in portfolio return value stocks and growth stocks. Return portfolio value stocks are lower than growth stocks portfolios and portfolio performance value stocks are also lower than growth stocks portfolios.
 
Article
Purpose- This study examines the effect of emotional intelligence, the locus of control, and risk aversion on intention to risky investment with financial literacy as moderating effect. Methods- This study uses 98 investors distributed by online questionnaire. Data examined using Partial Least Square (PLS) technique. Finding- The results show that the emotional intelligence, the locus of control have a positive effect and risk aversion and financial literacy have a negative effect on intention to a risky investment. However, there is no moderating effect of financial literacy on those direct effects. Implication- The implication for stakeholder and further research are discussed
 
Article
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan integrasi pasar saham Indonesia dengan pasar saham negara-negara di Asia, terutama mitra dagang terbesar. Populasi dalam penelitian ini adalah data bulanan Nikkei225, KLSE, STI, SSE dan LQ45 periode 2014 sampai dengan 2018, dengan menggunakan permodelan VAR. Hasil penelitian ini membuktikan dalam interasi pasar saham Indonesia dengan mitra dagang Asia, terutama Tiongkok, Jepang, Singapura dan Malaysia, penelitian ini membuktikan hanya Jepang yang tidak behubungan signifikan terhadap perekonomian Indonesia, penurunan volume perdagangan dan perang dagang merupakan penyebab utama hasil tersebut.
 
Article
Bid-Ask Spread sebenarnya mengukur informasi tidak simetris atau asymmetric information antara broker dan investor. Besar kecilnya Bid-Ask Spread menunjukkan seberapa besar asymmetric information diantara pelaku pasar. Untuk mengurangi tingkat asymmetric information tersebut maka pelaku pasar berupaya mendapatkan sinyal tertentu yang dapat dijadikan sebagai informasi untuk mengurangi ketidakpastian yang terjadi. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh Ukuran Perusahaan, Volume Perdagangan Saham Volatilitas Return Saham dan Dividend Yield terhadap Bid-Ask Spread secara parsial pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2014-2018. Data diambil dari website Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sampai periode 2018. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 perusahaan selama 5 tahun. Sampel diperoleh dengan metode purposive sampling. Metode analisis dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik serta pengujian hipotesis dengan menggunakan software IBM SPSS 24. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa secara parsial ukuran perusahaan dan volume perdagangan saham berpengaruh negatif dan signifikan terhadap bid-ask spread, sedangkan volatilitas return saham memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap bid-ask spread, akan tetapi dividend yield tidak berpengaruh terhadap bid-ask spread.
 
Article
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Return on Asset terhadap Earning per Share pada PT Indo Tambangraya Megah, Tbk. Penelitian menggunakan data sekunder yang telah dipublikasi oleh Bursa Efek Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana dengan pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian ini bahwa Return on Asset berpengaruh signifikan terhadap Earning per Share.
 
Article
Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh Pendapatan Premium, Beban Klaim, Investasi, Risk Based Capital (RBC) terhadap laba perusahaan (ROA). Pendapatan Premium (PP), Beban Klaim (BK), Hasil Investasi (HI), dan Modal Berbasis Risiko (RBC) digunakan sebagai variabel independen yang diperkirakan berdampak pada laba perusahaan (ROA) sebagai variabel dependen. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan asuransi umum yang terdaftar di Bursa Efek untuk periode 2012-2017. Data yang diperoleh merupakan data sekunder yang bersumber dari website Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Sampling sehingga hanya terdapat 8 perusahaan asuransi yang terdaftar di Bursa Efek untuk periode 2012-2017 yang dapat digunakan dalam penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan Penghasilan Premium (PP) berpengaruh positif terhadap laba perusahaan (ROA), Beban Klaim (BK) berpengaruh negatif terhadap laba perusahaan (ROA), Investasi (HI) tidak berpengaruh terhadap laba perusahaan (ROA), dan Risk Based Capital (RBC) berpengaruh positif terhadap laba perusahaan (ROA)
 
Article
Opini auditor merupakan informasi yang cukup penting terkait dengan keputusa investasi seseorang. Opini going concern akan berguna untuk pemakai laporan keuangan khususnya investor sebagai tanda negatif mengenai kelangsungan hidup perusahaan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh potensi kebangkrutan dan pertumbuhan perusahaan terhadap penerimaan opini audit going concern pada perusahaan manufaktur. Model regresi logistik digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini. Dari hasil pengolahan data diperoleh hasil bahwa potensi kebangkrutan mempengaruhi penerimaan opini audit going concern pada perusahaan manufaktur. Namun demikian, ternyata pertumbuhan perusahaan tidak mempengaruhi penerimaan opini audit going concern pada perusahaan manufaktur.
 
Article
Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan periode optimal dari teknik Moving Average yang dapat digunakan untuk mendapatkan return yang lebih baik pada 38 emiten yang termasuk dalam LQ 45 Indeks di Indonesia. Penulis menggunakan 2 pendekatan yaitu momentum dan kontrarian serta mengaplikasikan teknik Simple Moving Average dengan beragam modifikasi periode pada data perdagangan harian di tahun 2018 dan 2019. Periode optimal tersebut kemudian diuji ulang dengan memakai data di tahun 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi momentum lebih unggul dibandingkan strategi kontrarian, namun secara keseluruhan kedua strategi ini menghasilkan return yang lebih baik dibandingkan strategi Buy dan Hold. Secara spesifik, rata-rata kerugian investor yang mengadopsi strategi Buy and Hold sebesar 26.43% di tahun 2020, jauh lebih tinggi dibandingkan mereka yang menerapkan strategi kontrarian (pendekatan kedua) yang hanya akan mengalami penurunan nilai kekayaan sebesar 9.91% dan 2.61% untuk yang menerapkan strategi momentum (pendekatan pertama).
 
Article
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh DER, EPS, dan ROA terhadap harga saham dengan ukuran perusahaan sebagai variabel intervening. Populasi penelitian ini adalah perusahaan disektor konstruksi bangunan yang terdaftar di BIE pada tahun 2014 hingga 2018. Sampel yang digunakan sebanyak 5 perusahaan dengan menggunakan teknik perposive sampling. Metode analisi yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil Penelitian Pengaruh langsung Debt Equity Ratio terhadap harga saham memperlihatkan hasil positif dan signifikan. Sedangkan pengaruh tidak langsung Debt Equity Ratio positif tidak signifikan terhadap harga saham melalui nilai perusahaan. Pengaruh langsung Return On Asset terhadap harga saham memperoleh hasil positif tidak signifikan. Pengaruh tidak langsung Return On Asset terhadap harga saham melalui nilai perusahaan memperoleh hasil positif tidak signifikan. Pengaruh langsung Erning Per Share terhadap harga saham memperoleh hasil positif signifikan. Pengaruh tidak langsung Erning Per Share terhadap harga saham melalui nilai perusahaan memperoleh hasil positif tidak signifikan. Nilai perusahan terhadap harga saham berpengaruh positif signifkan pada perusahaan sektor konstruksi bangunan periode 2014 hingga 2018.
 
Article
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan seberapa besar pengaruh pembiayaan dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas pada PT. Bank Panin Dubai Syariah Tbk. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif yaitu pada PT. Bank Panin Dubai Syariah Tbk. Sumber data penelitian ini menggunakan data yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yaitu berupa data sekunder dalam bentuk laporan keuangan triwulan PT. Bank Panin Dubai Syariah Tbk. Teknik pengumpulan data yakni dokumentasi berupa laporan keuangan triwulan yang dipublikasikan. Uji data yang digunakan adalah analisis asumsi klasik dan goodness of fit dengan uji F. Analisa data menggunakan analisis regresi linear berganda, uji T-tes, dan uji koefisien determinasi. Pengolahan data menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS) IBM version 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembiayaan berpengaruh terhadap ROA, pembiayaan berpengaruh terhadap ukuran perusahaan. Ukuran perusahaan berpengaruh terhadap ROA. Ukuran perusahaan pada penelitian ini tidak efektif berperan sebagai variabel perantara antara variabel pembiayaan terhadap ROA karena variabel pembiayaan menghasilkan koefesien negatif terhadap ukuran perusahaan dan variabel ukuran perusahaan juga berpengaruh negatif terhadap ROA. Disimpulkan bahwa H4 di tolak. Koefesian determinan menunjukan bahwa secara simultan pembiayaan dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap ROA.
 
Article
Analisis teknikal adalah suatu metodologi peramalan fluktuasi harga saham yang datanya diambil dari data perdagangan saham yang terjadi di pasar saham (bursa efek). Indikator digunakan untuk menunjang analisis teknikal, indikator juga berfungsi sebagai alat untuk mengetahui trend serta sinyal jual dan beli dalam suatu saham. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan sinyal jual dan beli yang disarankan indikator Simple Moving Average dan Relative Strenght Index. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan go public yang berada pada sektor infrastruktur di Bursa Efek Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam analisa kelima saham ASSA, SAFE, TKLM, KOPI dan TOWR yang menggunakan indikaro Simple Moving Averange (SMA) dan Relative Strength Index (RSI) menunjukan sinyal yang cukup akurat. Dimana Indikator Simple Moving Average (SMA) berguna untuk menentukan arah pergerakan trend suatu saham dan indikator Relative Strenght Index (RSI) mendukung untuk mengkonfirmasi posisi dan level harga dari suatu saham.
 
Article
Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran atau mendeskripsikan komponen-komponen yang harus dipenuhi dalam membangun bisnis dengan ekosistem yang halal, baik dari segi proses atau produksi maupun dari sisi non produksi. Metodologi yang digunakan dalam artikel ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan literature research atau literature review. Artikel ini menjelaskan atau mendeskripsikan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membangun bisnis dengan ekosistem halal, yaitu komponen keuangan (finance), produksi dan distribusi. Keuangan merupakan komponen yang berada di hulu dalam ekosistem bisnis halal. Produksi merupakan suatu proses pembuatan suatu produk berupa barang atau jasa yang akan menjadi produk bisnis halal. Ketika memproduksi barang atau jasa yang syariah, maka seluruh bahan baku dan prosesnya juga harus sesuai dengan standar halal. Distribusi merupakan komponen terakhir dalam halal supply chain ecosystem yang menyalurkan produk barang atau jasa serta menyajikannya. Dalam proses pendistribusian, produk harus dipastikan terpisah dari produk yang tidak halal dan dipastikan tidak ada perubahan pada zat produk ketika proses distribusi, sehingga produk tetap halal dan thayib. Melalui artikel ini, penulis berharap agar bisnis syariah atau bisnis halal dapat menyempurnakan ekosistem halalnya agar menjaga halal dan thayib suatu produk.
 
Article
Purpose- The study was conducted to examine the effect of capital structure on profitability. Variables of the capital structure are Long-term Debt to total assets (LTD), Short-term Debt to total assets (STD) and Debt to Equity Ratio (DER) while profitability is proxied by Return on Assets (ROA. Research is conducted on all Non-Financial companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) in the period 2014-2016. Methods- Use the Purposive Random Sampling technique to take samples. Samples taken from Bloomberg. The sample used amounted to 175 companies using multiple regression analysis SPSS program assistance. Finding- The results of the study note that LTD and STD have a significant negative effect on ROA. DER has not a significant positive effect on ROA.
 
Article
ETF atau Exchange-Trade Funds dikenal sebagai salah satu inovasi produk reksa dana sebagai tindak lanjut dari POJK No. 49/POJK.04/2015. Studi ini merupakan kajian deskriptif tentang produk ini dengan semua fitur keunikan yang dimilikinya sebagai salah satu bentuk diversifikasi produk reksa dana yang sudah ada. Kajian ini, juga berusaha mengeksplorasi kekuatan serta kelemahan yang dimiliki oleh produk ETF baik secara internal maupun secara eksternal. Menarik, karena kajian deskriptif ini memperlihatkan peningkatan respon dari investor yang sangat signifikan terhadap produk ETF. Salah-satu faktor yang menjadi daya tarik investor adalah karena instrumen ETF ini bisa diperjualbelikan di Bursa Efek Indonesia seperti layaknya saham. Ada sejumlah faktor lain yang menarik untuk dicermati terkait pertimbangan para investor untuk memilih instrumen reksa dana, khususnya ETF sebagai alternatif investasi di pasar modal.
 
Article
This aim of this study is to prove the impact of plantation industries on economic growth and poverty in North Sumatra. Using path analysis and 66 pooled data, the results are obtained: Oil Palm, Rubber and Coconut Plantation partially positive and significant impact the Economy growth in North Sumatra, whereas Oil Palm Plantation, Rubber, Coconut and Economy growth are not partially significant negative towards Poverty in Sumatra North, then the economy growth is not able to mediate the relationship between Palm Oil, Rubber and Coconut against Poverty in North Sumatra. The government needs to implement the new policies such as downstream processing of plantation products so that it will not be only accepted by few people.
 
Article
The purpose of this research is to test and analyze empirically the influence of return on investment, return on equity, net profit margin, debt to equity ratio, and earnings per share toward stock price. This research also to compare and improve the results of previous studies. The objects used in this study is property, real estate, and building construction industry sector listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) for six years 2011-2016. The purposive sampling is used as sampling technique to obtain 11 companies listed in property, real estate, and building construction that met the criteria and were analyzed using descriptive statistics and panel data regression with fixed effect model to test the hypotheses. This research is processed using E-views 9 software. The results of the research as follows, return on investment, return on equity, net profit margin, and earnings per share influence stock price. While debt to equity ratio do not influence stock price. The purpose of this research is to test and analyze empirically the influence of current ratio, debt to equity ratio, return on asset, firm size, and growth toward dividend payout ratio. This research also to compare and improve the results of previous studies. The objects used in this study is property and real estatecompanies that listed in the Indonesia Stock Exchange (IDX) for five years 2012-2016. The purposive sampling is used as sampling technique to obtain 7 companies listed in property and real estate that met the criteria and were analyzed using descriptive statistics and multiple linear regression to test the hypothesis. This research is processed using E-views 9 software. The results of the research as follows, current ratio, return on asset, and firm size influence dividend payout ratio. While debt to equity ratio and growth do not influence dividend payout ratio.
 
Article
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi dan preferensi investor terhadap pengambilan keputusan investasi dengan media informasi sebagai variabel moderating. Populasi pada penelitian ini adalah semua investor di Semarang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Data dari penelitian ini berasal dari data primer. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini adalah strategi investor berpengaruh positif terhadap pengambilan keputusan investasi, preferensi investor berpengaruh positif terhadap pengambilan keputusan investasi, media informasi dapat menjadi variabel pemoderasi yang memperkuat pengaruh strategi investor terhadap pengambilan keputusan investasi, tetapi tidak signifikan, dan media indormasi dapat menjadi variabel pemoderasi yang memperkuat pengaruh preferensi investor terhadap pengambilan keputusan investasi.
 
Article
Purpose- The purpose of this study, showing the pattern of stock investment strategy in accordance with the type of generation in order to manage the portfolio optimally. Methods- This research method using Anova with data obtained from Meta Data Analysis subjects of previous research experiments. Finding- The results show, each generation has a pattern of different stock investment strategies. This can be seen from the level of investor risk, and stock portfolio. The combination of stock portfolios tends to consist of private companies located in 10 sectors, private companies-BUMN, or private companies-BUMD. Generation X's investment strategy pattern tends to use the Momentum Strategy, Generation Y tends to use Top-Down Strategy, while Generation Z tends to use Buy-Hold and Momentum Strategies.
 
Article
Purpose- The study aims to see whether there is a difference between the stochastic dominance method and the single index method in forming an optimal portfolio. and seeing which method is more optimal. Methods- The sample used in the study was a real estate and property company listed on jakarta stock exchange for five years period (2013 - 2017). sampling technique in research using purposive sampling and analysis sampling techniques using average difference test (t-test). after being tested with each method both the stochastic model and the single index model, Finding- The results show that there is a difference in return from the formation of an optimal portfolio with the results of the test which results in 0.048 below the significant level of 0.05. and the results of the calculation of portfolio return formed by the stochastic method is 0.0079 smaller than the portfolio return formed by the single index method of 0.0173 which means that the single index method is more optimal than the stochastic model.
 
Top-cited authors
Deasy Lestary Kusnandar
  • Siliwangi University
Vivi Indah Bintari
  • Siliwangi University
Fitri Sukmawati
  • Universitas Widyatama
Yupiter Gulo
  • Trisakti School of Management
Dina Y Martia
  • Politeknik Negeri Semarang