Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah

Published by IAIN Palu
Online ISSN: 2686-6625
Publications
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pembiayaan Ultra Mikro (UMi) terhadap perkembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) PT. Pegadaian Cabang Palu di masa pandemi covid-19 periode tahun 2020. Jenis Penelitian ini adalah survey dengan pendekatan kuantitatif. Teknik penentuan sampel yang diigunakan adalah sampel jenuh, sebanyak 30 orang memperoleh pembiayaan Ultra Mikro di tahun 2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, digunakan beberapa tahap pegujian antara lain uji asumsi klasik, uji parsial (uji t), koefisien determinasi (R Square), dan regresi linear sederhana. Dari hasil uji t menunjukkan bahwa bahwa koefisien thitung -0,331 < ttabel 12,706 sehingga variabel independen tidak berpengaruh terhadap variabel dependen dan signifikansi bernilai 0,743 > 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel independen tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen.
 
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, kemudahan dan risiko terhadap minat bertransaksi menggunakan Financial Technology pada mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Palu (IAIN) Palu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik proporsional stratified random sampling sebanyak 98 orang, dengan menggunakan rumus slovin untuk menentukan jumlah sampel. Teknik pengumpulan data adalah melalui teknik kuesioner dan wawancara. Dan teknik analisa yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pengetahuan memiliki nilai signifikan t hitung sebesar 0,330. Hal ini menunjukkan bahwa pengetahuan tidak berpengaruh terhadap minat bertransaksi menggunakan Fintech. Dari hasl uji statistik t pada kemudahan nilai signifikan t hitung lebih kecil dari 0,05 (0,22<0,05). Kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat bertransaksi menggunakan Fintech. Dari hasil uji statistik t pada variabel risiko nilai siignifikansi tehitung lebih kecil dari 0,05 dan koefisien regresi sebesar 3.828. Risiko memiliki nilai signifikansi thitung sebesar 0,000.Nilai t negatif menunjukan bahwa variabel risiko berpengaruh terhadap minat bertransaksi menggunakan Fintech.
 
Praktek murabahah telah dikembangkan dalam kegiatan ekonomi perdagangan dalam sistem ekonomi Islam saat ini, yang telah dilaksanakan diberbagai daerah dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Praktek tersebut juga merambah pada Kredit Pembiayaan Perumahan sehingga muncul beberapa pembiayaan dalam kepemilikan rumah hunian. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode pendekatan kualitatif yang lokasi penelitian ialah di PT Bank Muamalat Cabang Palu. Jenis data yang dipergunakan ialah data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan yaitu melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah analisis data kualitatif dengan metode induktif. Pengecekan keabsahan data yang digunakan ialah dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bawah pelaksanaan akad murabahah dalam pembiayaan perumahan pada Bank Mumalat Cabang Palu tahapan yang akan dilalui oleh nasabah yang hendak mengajukan pembiayaan perumahan ada empat tahap, yaitu: mengajukan permohonan pembiayaan, tahap analisa, tahap persetujuan, dan tahap penandatanganan akad. Pada prespektif ekonomi syariah terhadap pelaksanan akad murabahah dalam pembiayaan perumahan pada Bank Muamalat Cabang Palu tidak adanya terjadi Riba, Maisyir, Gharar.
 
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis baik secara simultan maupun secara parsial Pengaruh Komitmen Organisasi dan Komunikasi Akuntansi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kantor Bank Indonesia Cabang Palu. Variabel dalam penelitian ini adalah Komitmen Organisasi (X1) dan Komunikasi Akuntansi (X2) serta Kinerja Karyawan (Y). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari karyawan melalui kuesioner dan wawancara serta data sekunder yang diperoleh dari Bank Indonesia Kota Palu yang berhubungan erat dengan penelitian ini. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan program statistic SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Komitmen Organisasi dan Komunikasi Akuntansi berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan dengan nilai adjusted R Square sebesar 0,333 atau 33.3% yang menunjukkan bahwa komitmen organisasi dan komunikasi akuntansi memengaruhi kinerja karyawan Bank Indonesia Cabang Palu. Sedangkan sisanya sebesar 66.7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model (e). Secara parsial komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, sedangkan komunikasi akuntansi berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kinerja karyawan Bank Indonesia Cabang Palu. Komitmen organisasi mendorong pencapaian kinerja karyawan yang baik, hal tersebut ditopang oleh standar kerja yang professional dengan imbalan jasa atau insentif yang memadai. Kondisi pekerjaan tersebut memberi ruang yang sempit terhadap hubungan anggota keluarga karyawan Bank Indonesia Cabang Palu. Berdasarkan kondisi tersebut dapat disarankan secara organisasi perlu disediakan waktu dan terjadwal libur keluarga karyawan Bank Indonesia Cabang Palu.
 
Akuntansi perlu dipelajari karena seiring dengan perkembangan zaman, tingkat pertumbuhan ekonomi pun berkembang banyak perusahaan jasa maupun perusahaan dagang baru bermunculan, semua perusahaan tersebut pasti membutuhkan laporan keuangan untuk melihat pendapatan dan pengeluaran yang terjadi diperusahaannya. Ilmu akuntansi sudah dapat dipelajari mulai dari tingkat sekolah menengah atas dan tingkat perguruan tinggi. Kualitas pendidikan akuntansi harus mengikuti zaman agar lulusannya menjadi seorang akuntan yang dapat bersaing di dunia kerja dengan baik.pemerintah sudah menujang perkembangan pendidikan melalui kurikulum yang baru, tetapi tetap membutuhkan dukungan serta peran aktif dari berbagai pihak agar perkembangan pendidikan khususnya pendidikan ilmu akuntansi dapat berjalan dengan lancar. Perkembangan pendidikan khususnya pendidikan ilmu akuntansi haruslah diperhatikan karena akuntansi sangat dibutuhkan diberbagai bidang bukan hanya dalam bidang bisnis saja, tidak hanya mengandalkan pemerintah saja tetapi ikut serta dalam pengembangannya, agar kualitas pendidikan ilmu akuntansi dapat mengikuti kemajuan zaman yang sedang terjadi.
 
Penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh beban kerja, stress kerja dan lingkungan kerja secara simultan terhadap kinerja guru MAN 2 Kota palu : (2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh beban kerja secara parsial terhadap kinerja guru MAN 2 Kota Palu : (3) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh stres kerja secara parsial terhadap kinerja guru MAN 2 Kota Palu : (4) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh lingkungan kerja secara parsial terhadap kinerja guru MAN 2 Kota Palu. Sampel penelitian sebanyak 55 orang guru MAN 2 Kota Palu dengan menggunakan sampel jenuh (sensus), dimana dalam teknik ini semua anggota populasi mendapat peluang untuk dijadikan sampel (Sugiyono, 2008:116). Jenis penelitian ini adalah deskriptif kausal dengan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel beban kerja, stress kerja dan lingkungan kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru Man 2 Kota Palu, dengan nilai sig-F sebesar 0,00< α 0,05. Variabel beban kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai Sig-t 0,025; stress berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai Sig-t 0,013 dan budaya kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai Sig-t 0,032.
 
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja BCA Syariah dari tahun 2018-2020 berdasarkan Sharia Confirmity and Profitablity (SCnP) Model dan Sharia Maqasid Index (SMI). Penilaiaan kinerja bank syariah dalam Annual Report selama ini hanya berdasarkan rasio-rasio keuangan saja, sehingga tidak bisa memberikan evaluasi terhadap hal-hal yang merupakan prinsip dasar dari bank syariah. Bank Syariah di harapkan bisa mencapai kesuksesan baik di dunia maupun di akhirat. Pandemi Covid-19 yang yang terjadi di indonesia, juga berimbas salah satunya pada sektor perbankan syariah, tak terkecuali pada BCA Syariah. Berdasarkan fenomena tersebut, sehingga akan dilihat bagaimana kinerja keuangan BCA Syariah menggunakan Sharia Confirmity dan Profitability (SCnP) dan Sharia Maqasid Index (SMI). Data yang digunakan adalah data sekunder berupa data laporan keuangan yang telah diaudit dalam Annual Report BCA Syariah periode ahun 2018-2020. Hasil yang didapatkan menggunakan Sharia Confirmity dan Profitability (SCnP), pada tahun 2018, BCA Syariah berada pada kuadran Lower Right Quadrant (LRQ), sedangkan pada tahun 2019 dan 2020, BCA Syariah berada pada kuadran Upper left Quadran (ULQ). Sementara itu, berdasarkan hasil dari Sharia Maqashid Index (SMI), performa kinerja keuangan peringkat satu berada pada tahun 2019, kemudian peringkat kedua tahun 2020, dan peringkat ketiga tahun 2018.
 
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai taksir, biaya ijarah dan pelayanan terhadap keputusan nasabah memilih produk gadai emas di Bank Syariah Mandiri Cabang Palu secara simultan dan parsial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penentuan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan metode accidental sampling dan berdasarkan rumus slovin ditentukan jumlah sampel sebanyak 82 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuisioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik uji dan analisis data meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda dengan uji F dan uji T serta koefisien determinasi dengan menggunakan SPSS 16 for windows. Hasil yang diproleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor nilai taksir, biaya ijarah dan pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan nasabah memilih produk gadai emas dengan nilai F hitung sebesar 10.146 > F tabel 2,72 dengan nilai sig sebesar 0,000. Nilai taksir tidak memiliki pengaruh yang signifikan dikarenakan F hitung 1,764 < F tabel 1,994 dengan sig 0.082 > 0.05 dengan besar pengaruh sebesar 17,7 %, biaya ijrah memberikan pengaruh yang signifikan dengan nilai F hitung 2,705 > F tabel 1,994 dengan sig 0.008 < 0.05 dengan besar pengaruh sebesar 27,1%, dan pelayanan sangat berpengaruh sangat signifikan dengan nilai F hitung 4,558 > F tabel 1,994 dengan sig 0.000 < 0.05 dengan besar pengaruh 44,2%, dengan koefisien determinasi sebesar 28,1% dan 71,9% dipengaruhi oleh variabel lain tidak diteliti dalam penelitianini. Melalui penelitian ini diharapkan bank tetap mempertahankan dan meningkatkan pelayanan dan biaya ijarah serta diharapkan agar bank lebih memperhatikan nilai taksir agar nasabah lebih mengetahui nilai taksir emas beredar pada saat itu.
 
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kesehatan Unit Usaha Syariah dengan menggunakan metode RGEC. Berdasarkan dengan Undang-Undang Nomor 21 tahun 2008 tentang Perbankan Syariah, Bank wajib memelihara tingkat kesehatannya. Bank yang sehat adalah bank yang dapat menjalankan tugasnya dengan baik, sehingga penting bagi Unit Usaha Syariah untuk menjaga dan memelihara kepercayaan Masyarakat. Dalam menilai tingkat kesehatan bank dapat dilihat dengan menggunakan metode RGEC (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earning, dan Capital) yaitu metode yang paling banyak mempengaruhi kinerja keuangan bank. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menghitung rasio keuangan menggunakan metode RGEC. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Unit Usaha Syariah memiliki kategori tingkat kesehatan yang sehat pada tahun 2020-2021, Unit Usaha Syariah tersebut diantaranya PT. Bank Tabungan Negara Syariah, PT. Bank Danamon Indonesia, PT. Bank Permata, PT. Bank OCBC NISP, dan PT. Bank Sinarmas.
 
Bank syariah merupakan bank yang menjalankan kegiatan usaha berdasarkan prinsip syariah atau prinsip hukum islam. Semakin berkembangnya zaman bank syariah tidak hanya memiliki nasabah dari kalangan umat muslim tetapi juga masyarakat non muslim yang mulai berkontribusi untuk menjadi nasabah bank syariah, seperti PT. BPRS Gebu Prima Medan juga memiliki nasabah aktif yang non muslim. Seperti yang diketahui non muslim yaitu orang yang mempunyai kenyakinan yang berbeda dengan agama islam. PT. BPRS Gebu Prima Medan adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan, karena data yang diperoleh dari hasil pengamatan langsung di PT. BPRS Gebu Prima Medan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data dari penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang berupa gambaran tentang faktor – faktor apa saja yang memengaruhi non muslim menjadi nasabah. data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini yaitu buku – buku yang berkaitan dengan permasalahan yang peneliti ambil. dari yang diteliti penulis menemukan terdapat dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu pekerjaan, motivasi. Sedangkan faktor eksternal yaitu, promosi, pelayanan, lokasi, dan tingkat sosial. Berdasarkan hasil penelitian maka dari variable faktor internal dan eksternal yang diteliti, dan variable yang dominan mempengaruhi minat nasabah non muslim menjadi nasabah PT. BPRS Gebu Prima Medan yaitu variable faktor eksternal, seperti: promosi, pelayanan dan lokasi yang mendominan. Semakin baik promosi, pelayanan yang diberikan oleh pihak bank maka minat nasabah non muslim menjadi nasabah di bank syariah semakin tinggi.
 
Kebutuhan akan kartu kredit saat ini dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu: Pertama, Keunggulan; Praktis, adanya diskon khusus dan reward. Kedua, Kemudahan, Memiliki cadangan uang, fasilitas dan kemudahan dan bisa beli sekarang bayar kemudian. Bank BNI menjadi bank milik negara pertama yang mengeluarkan kartu kredit syariah. Kartu kredit Hasanah Card merupakan salah satu produk yang dikeluarkan bank Syariah dan memberikan inovasi baru bagi dunia perbankan Islam di Inonesia. Ditinjau dari aspek hukum, Hasanah Card payung hukumnya berasal dari Fatwa DSN No. 54/DSN-MUI/X/2006. Sebagaimana dalam Bank BNI Syariah menyebutkan produk ini terdiri dari tiga akad, yaitu: Kafalah, Qardh, dan Ijarah. Penelitian ini betujuan untuk menganalisis impelentasi kartu kredit yariah yang ada pada PT. Bank BNI Syariah Cabang Palu, serta implementasinya kartu kredit syariah yang ada pada PT. Bank BNI Syariah dari segi perspektif ekonomi islam. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Dalam penelitian ini, data yang diperoleh dari dokumentasi, observasi, serta wawancara langsung dengan pihak bank.
 
Penelitian ini membahas tentang analisis faktor-faktor kebutuhan dan peluang masyarakat menjadi nasabah di Bank Mandiri Syariah ( KCP Parigi Moutong ). Rumusan masalah yang diangkat adalah “Faktor apa sajakah yang mempengaruhi kebutuhan masyarakat menjadi nasabah di Bank Mandiri Syariah Cabang Parigi Maoutong dan faktor apa sajakah yang mempengaruhi peluang masyarakat menjadi nasabah di Bank Mandiri syariah tersebut? Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara di lakukan terhadap Branch Manager dan Masyarakat Kelurahan Masigi kemudian dokumentasi peneliti digunakan sebagai bukti penelitian. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor kebutuhan masyarakat Masigi sangat beragam, mulai dari untuk modal berdagang, membeli buah dan sayur, membangun rumah, membeli kendaraan serta kebutuhan lainnya. Masyarakat menginginkan dari hasil meminjam dana pada lembaga keuangan akan mendapat keuntungan besar tanpa harus terbebani dengan bunga dan terhindar dari riba.
 
PT. Takaful Keluarga merpakan salah satu perusahaan asuransi jiwa dan merupakan pelopor dari asuransi syariah syariah di Indonesia. Tulisan ini mendeskripsikan tentang mekanisme kerja asuransi syariah pada PT. Takaful Keluarga. Tulisan ini bertujuan untuk melengkapi referensi yang telah ada sebelumnya. Berdasarkan sumbernya, data yang dijadikan rujukan dalam tulisan ini adalah data sekunder. Untuk memperoleh data, informasi tentang mekanisme kerja PT. Takaful Keluarga, disamping diperoleh dari sumber tulisan berupa buku, artikel, maupun jurnal, penulis juga menggunakan sumber dari internet, yakni dengan mengakses website resmi, di antaranya website Otoritas Jasa Keuangan melalui www.ojk.go.id dan website PT. Takaful Keluarga melalui www.takaful.co.id. Sebagai tambahan, penulis juga menggunakan dokumentasi/arsip berupa polis nasabah PT. Takaful Keluarga. Mekanisme kerja asuransi syariah pada PT. Takaful Keluarga merupakan serangkaian kegiatan yang terdiri atas kegiatan pemasaran, proses underwriting, penetapan tarif premi, penerbitan polis, pengelolaan dana, dan pembayaran klaim.
 
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh atribut produk tabungan Faedah terhadap minat menabung Nasabah pada BRI Syariah Palu. Penelitian menggunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 99 orang. Sampel dipilih secara acak pada bank BRI Syariah Palu. Data diolah dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil Analisa data dapat diketahui bahwa variabel tentang atribut produk memiliki nilai t-hitung sebesar 7,129 > nilai t-tabel sebesar 1,988, serta tingkat signifikannya lebih besar dari taraf kepercayaan sebesar 10% yaitu 0,000 < 0,05. Dengan demikian nilai tersebut menunjukan bahwa variabel atribut produk (X) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel minat menabung (Y). Maka dari pembahasan ini menunjukan bahwa variabel atribut produk mempengaruhi minat menabung nasabah di BRI Syariah KC Palu Wolter Monginsidi. Hasil penelitan ini memberi kontribusi baik secara akademik maupun praktis bagi pihak lembaga keuangan.
 
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja Bank Umum Syariah di Indonesia tahun 2018 berdasarkan Sharia Maqasid Index (SMI). Dari tahun ke tahun, perkembangan Bank Umum Syariah di Indonesia makin pesat. Pesatnya perkembangan tersebut membuat Bank Umum Syariah harus selalu meningkatkan kinerjanya. Penilaiaan kinerja bank syariah dalam Annual Report selama ini hanya berdasarkan rasio-rasio keuangan saja, sehingga tidak bisa memberikan evaluasi terhadap hal-hal yang merupakan prinsip dasar dari bank syariah. Bank Syariah di harapkan bisa mencapai kesuksesan baik di dunia maupun di akhirat. Pendekatan Sharia Maqasid Index (SMI) digunakan untuk mengukur kinerja bank syariah berdasarkan prinsip-prinsip syariah dan keislaman. Objek dari penelitian ini adalah 14 Bank Umum Syariah yang terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Data yang digunakan adalah data sekunder berupa data laporan keuangan yang telah diaudit dalam Annual Report Bank Umum Syariah. Penelitian ini menggunakan 3 variabel Maqashid Syariah yaitu yaitu Tahdzib al-Fard (Mendidik Individu), Iqamah al-Adl (Menegakan Keadilan), Jabl al-Maslahah (Menciptakan Kemaslahatan). Hasil yang didapatkan yaitu, Bank Panin Dubai Syariah memperoleh total nilai indikator kinerja tertinggi tahun 2018.
 
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bagi hasil dan kebutuhan modal terhadap minat UMKM mengajukan pembiayaan pada lembaga keuangan syariah. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan pembagian angket/kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh UMKM di kecamatan Palu Barat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik pengambilan sampel Accidental Sampling, namun pertama-tama sampel penelitian tersebut di proportional terlebih dahulu dimana proportional itu digunakan untuk menentukan jumlah sampel pada masing-masing kelurahan. kemudian dilakukan teknik accidental sampling yaitu peneliti mengambil sampel yang kebetulan ditemuinya pada saat itu. Dengan jumlah sampel yang diambil sejumlah 96 UMKM yang ada di Palu Barat. Dalam melakukan proses data, penelitian ini menggunakan program SPSS 25.0. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bagi hasil berpengaruh tidak signifikan terhadap minat UMKM mengajukan pembiayaan dengan nilai thitung<ttabel yaitu 0.738<1.986 dengan nilai probabilitas sebesar 0.462 lebih besar dari 0.05.Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap minat UMKM mengajukan pembiayaan dengan nilai thitung> ttabel yaitu 4.318 >1.986 dengan nilai probabilitas sebesar 0.000 lebih kecil dari 0.05. sedangkan Berdasarkan hasil uji Anova (Analysis Of varians) atau F test diketahui bahwa nilai signifikansi untuk pengaruh bagi hasil dan kebutuhan modal secara simultan terhadap minat UMKM mengajukan pembiayaan sebesar 0.000 < 0.05 dan nilai 11.802 > yaitu 3.094, Dengan demikian hasil ini memberikan makna bahwa variabel Bagi Hasil (X1) dan Kebutuhan Modal (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Minat UMKM Mengajukan Pembiayaan (Y). diterima dan ditolak.
 
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembiayaan jual beli, bagi hasil dan pembiayaan bermasalah terhadap kinerja keuangan pada bank BRI Syariah periode 2009-2019. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembiayaan jual beli terhadap kinerja keuangan pada bank BRI Syariah. 2) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembiayaan bagi hasil terhadap kinerja keuangan pada bank BRI Syariah. Dan 3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembiayaan bermasalah terhadap kinerja keuangan pada bank BRI Syariah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan penelitian deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari website resmi bank BRI Syariah dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Laporan Keuangan Triwulan tahun 2009 hingga tahun 2019. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model Regresi Berganda menggunakan SPSS 16.0. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah uji parsial (uji t) dan uji signifikansi koefisien determinasi (R2). Penelitian ini memberikan hasil bahwa pembiayaan jual beli berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kinerja keuangan yang diproksi ROA, pembiayaann bagi hasil berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja keuangan yang diproksi ROA, dan pembiayaan bermasalah berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja keuangan yang diproksi ROA. Nilai R2 dalam penelitian ini sebesar 30,3% sehingga variabel kinerja keuangan dapat dijelaskan oleh variabel pembiayaan jual beli, bagi hasil dan pembiayaan bermasalah. Sedangkan sisanya 69,7% dijelaskan dalam variabel lain di luar penelitian.
 
Tulisan ini membahas pengaruh strategi pemasaran terhadap minat nasabah dalam memn\ilih produk tabungan Ib Baitullah Hasanah pada Bank BNI Syariah Palu. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Jumlah responden penelitian ini adalah 99 orang yang merupakan nasabah ban BNI Syariah Palu. Sampel diambil secara acak dan kemudian dibagikan kuesiner dengan skala Likert 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk, promosi dan harga berpengaruh simultan dan signifikan terhadapminat nasabah memilih produk tabungan iB Baitullah Hasanah pada Bank BNI Syariah cabang Palu. Hal ini dapat dilihat dari penelitian yang telah diteliti oleh peneliti menunjukkan bahwa dari hasil uji F diperoleh nilai Fhitung> Ftabel yaitu 8.566> Ftabel 3.09dengan nilai probabilitas sebesar 0.000 berarti lebih kecil dari 0.05 maka H4 diterima. Yang artinya produk, promosi dam harga berpengaruh secara simultan dan signifikanterhadap minat nasabah memilih produk tabungan iB Baitullah Hasanah pada Bank BNI Syariah cabang Palu
 
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel motivasi terhadap peningkatan produktivitas kinerja karyawan, dan juga mengetahui variabel yang paling dominan terhadap produktivitas kinerja karyawan pada Tamzis Baituttamwil area Yogyakarta. Sampel yang digunakan adalah karyawan Tamzis Baituttamwil dimana jumlah sampel yang telah ditetapkan pada penelitian ini sebanyak 60 responden. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode pengumpulan angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Koperasi Jasa Keuangan Syariah Tamzis Baituttamwil secara umum telah menerapkan pemberian motivasi kepada karyawan. Hasil dari uji t (partial) menunjukan bahwa variabel motivasi berupa kebutuhan fisiologis, kebutuhan sosial, kebutuhan aktualisasi diri, kebutuhan penghargaan, kebutuhan spiritual, mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap produktivitas kinerja karyawan. Adapun variabel yang berpengaruh dominan adalah variabel kebutuhan spiritual. Sedangkan untuk variabel kebutuhan keamanan tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap produktivitas kinerja karyawan. Hasil uji R2 (koefisien determinasi) menunjukan bahwa variabel motivasi dapat memberikan kontribusi dalam mempengaruhi produktivitas kinerja sebesar 80,7%. Sedangkan sisanya 19,3% dipengaruhi oleh faktor lain.
 
Pengelolaan likuiditas merupakan faktor yang sangat penting di Perusahaan Perbankan. Meskipun demikian, pngelolaan likuiditas di masa saat ini cukup sulit dilakukan, Namun mengingat hal itu masing-masing Perusahaan Perbankan memiliki strategi agar perusahaan perbankan dapat menjaga nilai likuiditasnya. Melihat fenomena tersebut Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan likuiditas dan alat likuid yang digunakan untuk mempertahankan likuiditas pada lembaga keuangan Bank Syariah Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomonologi. Pengambilan data pada penelitian ini melalui wawancara secara langsung dengan informan karyawan dan nasabah Bank Syariah Indonesia. Hasil dari penelitian ini kita dapat mengetahui strategi pengelolaan likuiditas Bank Syariah Indonesia, strategi yang di pakai oleh Bank Syariah Indonesia dalam pengelolaan likuiditasnya ialah konsep persediaan, arus pendapatan, konsep arus, LDR (loan to deposite ratio), cash ratio, namun Bank Syariah Indonesia cabang Kudus ini memiliki Strategi khusus dan yang sering digunakan ialah strategi alokasi dana. Maka, rekomendasi dalam penelitian selanjutnya agar lebih mebahas secara lebih detail terkait kelebihan dan juga kekurangan dalam masing-masing startegi yang diterapkan. Katakunci: Bank Syariah_1, Likuiditas_2, Strategi Pengelolaan_3, Manajemen_4
 
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Persepsi Religiusitas Terhadap Minat Masyarakat Menabung di Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus di Bank Syariah Indonesia Cabang Semarang). Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan penelitian lapangan (Field Reserch). Data penelitian yang digunakan adalah nasabah Bank Syariah Indonesia Cabang Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunkan adalah purposive sampling. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Persepsi Religiusitas. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Minat Masyarakat Menabung di Bank Syariah Indonesia. Jumlah sampel penelitian ini adalah 95 sampel. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan atau secara keseluruhan dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel Minat Menabung. Sedangkan secara persial variabel kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan bernilai positif sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai thitung (3,500) > ttabel (1,986). Variabel promosi bernilai positif sebesar dapat dilihat bahwa nilai signifikan 0,013 < 0,05 dan nilai thitung (2,530) > ttabel (1,986). Dan variabel religiusitas dapat dilihat bahwa nilai bernilai positif variabel sebesar 0,000<0,05 dan nilai thitung (4,032)>ttabel (1,986)
 
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tata kelola perusahaan dengan pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan. Metode penilaian tata kelola perusahaan menggunakan ukuran dewan komisaris independen, dewan direksi dan dewan pengawas syariah, sedangkan untuk pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dalam penelitian ini menggunakan model Islamic Social Reporting Index (ISR Index) yang mengungkapkan 50 (lima puluh) item pengungkapan tanggungjawab sosial. Metodologi dalam penelitian ini termasuk dalam jenis verifikasi dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan tujuan untuk mendapatkan sampel yang representatif sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Kriteria sampel adalah seluruh bank umum syari’ah yang tercatat sampai tahun 2016 dan masuk dalam kategori Bank Umum Swasta Nasional (BUSN) Devisa, menerbitkan laporan tahunan dari periode 2012-2015, dan melaksanakan CSR. Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa ukuran dewan komisaris independen dan dewan direksi bank umum syariah memiliki pengaruh terhadap pengungkapan tanggungjawab sosialnya, sedangkan ukuran dewan pengawas syariah bank umum syariah tidak memiliki pengaruh terhadap pengungkapan tanggungjawab sosialnya. Hasil penelitian secara simultan dewan komisaris independen, dewan direksi dan dewan pengawas syariah memiliki pengaruh terhadap pengungkapan tanggungjawab sosial pada bank umum syariah. Keterbatasan dalam penelitian ini yakni jumlah sampel yang relatif sedikit, serta sampel penelitian ini hanya terbatas pada bank umum syariah yang masuk dalam kriteria Bank Umum Swasta Nasional (BUSN) Devisa dan variabel yang digunakan untuk mengukur good corporate governance hanya terdapat 3 (tiga) variabel yakni dewan komisaris independen, dewan direksi dan dewan pengawas syariah.
 
Tulisan ini membahas produk layanan transaksi online studi pada PT bank syariah mandiri menurut perspektif ekonomi syariah. Penelitian ini bersifat pendekatan kualitatif, dengan menggunakan teknik dalam pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan sumber data yang di peroleh dari pimpinan cabang dengan penyajian data, reduksi data dan verfikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk layanan transaksi online (mobile banking) direspon baik oleh nasabah atau pengguna mobile banking karena layanan yang bersifat mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi secara online. Disamping itu produk layanan transaksi online banking diberikan BSM kepada nasabah juga agar nasabah bebas melakukan transaksi dimana saja dan kapan saja yang tidak terikat oleh waktu dan tempat. Saran penelitian adalah BSM perlu meningkatkan transaksi secara online yang lebih canggih dan maju untuk kemudahan para pelaku bisnis dan usaha di bidang teknologi dan informasi dalam melakukan transaksi untuk mendapatkan kemaslahatan bagi umut manusia secara umum khususnya di dunia perbankan syariah.
 
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pembiayaan mudharabah, murabahah dan musyarakah terhadap nilai perusahaan dengan perofitabilitas sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah bank umum syariah yang terdaftar di Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang mana berjumlah lima dengan periode penelitian 2013-2020. Metode analisis data yang digunakan adalah teknik analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukan ada pengaruh parsial signifikan pembiayaan mudharabah dan musyarakah terhadap profitabilitas sementara pembiyaan murabahah tidak berpengaruh signifkan terhadap profitabilitas. Sedangkan ini juga mengungkap profitabilitas berpengaruh parsial signifikan terhadap nilai perusahaan sedangkan pembiyaan mudharabah, murabahah, musyarakah tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Pembiayaan mudharabah dan murabahah memiliki pengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan melalui profitabilitas dan pembiayaan musyarakah tidak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan melalui perofitabilitas.
 
Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinan dan motivasi kerja berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap kinerja karyawan pada Bank Mandiri KCP Palu Imam Bonjol serta dari kedua variabel tersebut manakah yang paling berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Bank Mandiri KCP Palu Imam Bonjol yang berjumlah 48 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampel jenuh (saturation sampling), dengan menggunakan rumus sampel jenuh menurut Sugiyono. Teknik pengumpulan data adalah melalui teknik observasi dan kuesioner. Kemudian teknik analisa yang digunakan adalah analisi regresi linear berganda. Hasil olahan statistik yang dibantu dengan program SPSS 21 for windows, menunjukan bahwa gaya kepemimpinan dan motivasi kerja secara simultan berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada Bank Mandiri KCP Palu Imam Bonjol. Sedangkan, secara parsial gaya kepemimpinan berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan pada Bank Mandiri KCP Palu Imam Bonjol, sedangkan motivasi kerja berpengaruh namun tidak signifikan. Nilai koefisien determinasi (R2) menunjukan bahwa variabel independen (gaya kepemimpinan dan motivasi kerja) yang diteliti mampu menjelaskan 41,4% pengaruhnya terhadap variabel dependen (kinerja karyawan pada Bank Mandiri KCP Palu Imam Bonjol), sedangkan sisanya 58,6% yang dijelaskan oleh variabel independen yang lain yang tidak termaksut dalam penelitian ini.
 
Uang dalam ilmu ekonomi tradisional didefinisikan sebagai alat tukar yang dapat diterima secara umum. Alat tukar itu dapat berupa benda apapun yang dapat diterima oleh setiap orang di masyarakat dalam proses pertukaran barang dan jasa. Uang pada umumnya terdiri dari uang kertas dan uang logam. Uang merupakan alat transaksi yang sah yang dikeluarkan oleh pemerintah Republik Indonesia dalam hal ini Bank Indonesia sebagai Bank sentral yang sangat berperan dalam mendistribusikan, manarik, dan memusnakan uang sebagaimana yang telah diamantkan oleh Undang-undang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif, dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian penulis menerangkan dimana peran Bank Indonesia dalam menjaga kelancaran sistem pembayaran yang ada di masyarakat, penggunaan trend uang logam sebagai alat pembayaran sangat memperihatinkan khususnya di Kota Palu. Dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 menjalaskan secara terprinci sanksi tehadap penolakan uang logam sebagai alat pembayaran. Hasil penelitian ini menjelaskan Peranan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah dalam 1. Upaya meningkatkan penggunaan uang logam di masyarakat kurang maksimal. 2. Karena beberapa kendala yang dihadapi mulai dari letak geografis dan Sumber Daya Manusia (SDM). Saran penulis dari penelitian ini adalah Kantor perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah harus memaksimalkan perannya sebagai Bank Sentral yang berada di daerah yang harus menjaga dan melancarkan sistem pembayaran dengan menggunakan uang logam.
 
Penelitian ini membahas tentang Strategi Penyelesaian pembiayaan bermasalah pada Transaksi Murabahah di PT. Bank Muamalat Indonesia (BMI) cabang Palu Perspektif Ekonomi Syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumen. Analisis data dengan mereduksi data, penyajian dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pembiayaan bermasalah pada transaksi murabahah di Bank Muamalat Indonesia (BMI) cabang Palu, faktor utama permasalahan dalam transaksi Murabahah adalah Faktor Internaldan Eksternal. Namun setelah disusun strategi penanganan pembiayaan bermasalah pada transaksi Murabahah, permasalahan tersebut dapat diselesaikan dan sudah berjalan dengan efektif. Dilihat dari tinjauan perspektif ekonomi syariah pelaksanaan kegiatan pembiayaan Murabahah di BMI Cabang Palu sesuai peraturan dari Dewan Syariah Nasional (DSN) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Adapun saran dari Peneliti yakni BMI cabang Palu Lebih mengembangkan produk pembiayaan Murabahah, agar tidak hanya sebatas pembiayaan tanah dan bangunan saja.
 
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui peran BRI Syariah cabang Mongonsidi Palu dalam menghimpun Zakat, Infaqa, dan Sadaqah (ZIS) di kota Palu. Penelitian ini menggunakan metide kualitatif dengan Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan melalui dokumen tertulis yang diperoleh di lokasi penelitian yang berkaitan dengan penghimpunan ZIS. Wawancara dilakukan dengan pimpinan bank, bagian promosi, dan karyawan yang terlibat dalam penghimpunan ZIS. Hasil penelitian ini menunjukkan bawah penghimpunan dana ZIS di BRI Syariah yaitu dengan cara melakukan pembukaan rekening tabungan, sesuai dengan pilihan nasabah yang ingin melakukan zakat, infak dan sedekah. Kemudian BRI Syariah juga aktif mempromosikan penghimpunan ZIS melalui berbagai media social, spanduk, dan media massa lainnya.
 
Tekanan kerja adalah suatu kondisi ketegangan yang menciptakan adanya ketidakseimbangan fisik dan psikis, mempegaruhi emosi, proses berpikir, dan kondisi seorang karyawan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui tekanan kerja dapat merubah kinerja karyawan pada Bank MEGA Syariah KC Palu, Untuk mengetahui pengaruh tekanan kerja terhadap kinerja karyawan pada Bank MEGA Syariah KC Palu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah tekanan kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada Bank MEGA Syariah KC Palu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Bank Mega KC Palu yang berjumlah 25 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampel jenuh (saturation sampling), dengan menggunakan rumus sampel jenuh menurut Sugiyono. Teknik pengumpulan data adalah melalui teknik observasi dan kuesioner. Kemudian teknik analisa yang digunakan adalah analisi regresi linear sederhana. Hasil olahan statistik yang dibantu dengan program SPSS 16.0 for windows, memiliki nilai t-hitung sebesar 7,129> nilai t-tabel sebesar 1,988, serta tingkat signifikannya yaitu 0,74 < 0,05, menunjukan bahwa Tekanan Kerja memiliki hubungan positif namun tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan pada Bank Mega KC Palu. Dari kesimpulan yang diperoleh disarankan agar seorang pemimpin terus memberikan dukungan dan perasaan yang aman pada karyawan, agar sumber daya yang ada terus meningkat demi terwujudnya tujuan organisasi.
 
Tulisan ini membahas pengaruh motivasi terhadap produktivitas kerja pada karyawan Bank Syariah Mandiri Palu. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Jumlah responden penelitian ini adalah 38 orang yang merupakan karyawan Bank Mandiri Syariah Palu. Sampel ini merupakan sampel populasi karena seluruh karyawan dijadikan sampel penelitian ini kemudian dibagikan kuesiner dengan skala Likert 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan responden terhadap penilaian motivasi menunjukkan nilai bobot rata-rata sebesar 160. Berdasarkan rentang klasifikasi termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil ini menandakan bahwa secara keseluruhan motivasi karyawan pada Bank Syariah Mandiri Area Palu sangat baik. Hasil tanggapan responden terhadap penilaian produktivitas kerja menunjukkan nilai bobot rata-rata sebesar 150. Berdasarkan rentang klasifikasi termasuk kategori baik. Hasil ini berartibahwa secara keseluruhan produktivitas kerja karyawan pada Bank Syariah Mandiri Area Palu sudah baik namun dimensi sikap mental memiliki nilai bobot di bawah bobot rata-rata variabel produktivitas kerja.
 
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kecepatan secara partial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dan apakah keamanan secara partial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Selanjutnya penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah akurasi dan kepercayaan secara partial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Jenis penelitian ini adalah penelitian verifikatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini sebanyak 40 responden yang diambil dengan metode sensus. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan survei. Metode analisis data menggunakan uji regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis (uji T, uji F dan uji R), kemudian data diolah menggunakan aplikasi SPSS 21 for windows. Dari hasil uji t menunjukkan bahwa variable kecepatan memiliki nilai Thitung < Ttabel atau sebesar 1,338 < 1,683 dan nilai signifikan sebesar ,190 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H1 ditolak, Variabel keamanan memiliki nilai Thitung < Ttabel atau sebesar -,472 < 1,683dan nilai signifikan sebesar ,640 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H2 ditolak, Variable akurasi data memiliki nilai Thitung < Ttabel atau sebesar ,990 < 1,683 dan nilai signifikan sebesar ,329 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H3 ditolak, Variabel kepercayaan memiliki nilai Thitung > Ttabel atau sebesar 4,142 > 1,683 dan nilai signifikan sebesar ,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa dan H4 diterima. Dan uji R2 0.601, hal ini dapat diartikan bahwa Variabel independen (Kecepatan, Keamanan, akurasi data, dan Kepercayaan) dapat menjelaskan variabel dependen (Kepuasan nasabah) sebesar 601%, sedangkan sisanya diterangkan oleh faktor lain yang tidak diteliti.
 
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisa Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Risiko Terhadap Penggunaan E-banking baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini menggunakan metode survei. Sampel dalam penelitian ini yaitu nasabah BRI Syariah yang berjumlah 74 responden. Sampel tersebut diambil berdasarkan metode sampling purposive. Teknik analisis yang digunakan yaitu metode regresi linear berganda dengan bantuan alat analisis software SPSS versi 25.0. Hasil dari penelitian ini, secara parsial Kepercayaan dan Kemudahan berpengaruh positif signifikan, sedangkan Risiko berpengaruh negatif dan signifikan. Kepercayaan, Kemudahan dan Risiko secara serempak berpengaruh positif signifikan terhadap Penggunaan E-banking
 
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran promosi terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan tabungan iB Hasanah pada PT. BNI Syariah Cabang Palu. pengaruh periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal, dan pemasaran langsung terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan tabungan iB Hasanah. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitiaan ini sebanyak 60 responden yang merupakan nasabah yang menggunakan tabungan iB Hasanah pada PT. BNI Syariah Cabang Palu. Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan variabel bauran promosi secara serempak berpengaruh terhadap keputusan nasabah. Periklanan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan nasabah, promosi penjualan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan nasabah, hubungan masyarakat berpengaruh tidak signifikan secara parsial terhadap keputusan nasabah, penjualan personal berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan nasabah, pemasaran langsung berpengaruh tidak signifikan secara parsial terhadap keputusan nasabah.
 
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karateristik perusahaan terhadap pengungkapan laporan keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar diBursa Efek Indonesia. Karateristik perusahaan terdiri dari 3 (tiga) unsur yaitu ukuran perusahaan, ukuran komite audit dan KAP terspesialisasi. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar selama 5 (lima) tahun, periode 2011-2015. Jumlah sampel memenuhi kriteria sebanyak 109 perusahaan. Analisis data dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bawah ukuran perusahaan dan KAP terspesialisasi mempunyai pengaruh terhadap pengungkapan laporan keuangan, sedangkan ukuran komite audit tidak berpengaruh terhadap pengungkapan laporan keuangan.
 
Dalam Pembiayaan Murabahah eksekusi jaminan dapat dilakukan dengan memenuhi syarat. Metode yang digunakan ialah metode kualitatif dengan cara wawancara, observasi, serta studi pustaka. Berdasarkan hasil analisa menyatakan bahwa apabila tidak ada kemampuan dan niat baik nasabah dalam mengembalikan pembiayaan, telah melalui restrukturisasi. Namun dari upaya tersebut nasabah belum juga dapat memenuhi kewajibannya. Prosedur eksekusi jaminan yaitu melalui tahapan Non Litigasi yaitu penjualan dibawah tangan (Offsetting) sesuai dengan Pasal 20 ayat (2) dan (3) UUHT dan melalui tahapan Litigasi (Jalur Hukum/Pengadilan). Praktek lelang eksekusi jaminan hak tanggungan dilakukan dengan dua cara, yaitu: Pertama, Bank mengajukan permohonan fiat eksekusi Hak Tanggungan kepada Pengadilan Agama berdasarkan Pasal 14 ayat (2) UUHT. Kedua, Bank juga dapat mengajukan permohonan lelang eksekusi terhadap objek Hak Tanggungan secara langsung (parate eksekusi) ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) sesuai Pasal 6 UUHT. Melalui teori Mashalihul Mursalah dengan mengambil filosofi kemanfaatan bagi orang banyak dan Teori ‘Urf sesuai dengan qaidah “Al-‘adatu muhakkamah” (Adat kebiasaan itu merupakan syari’at yang ditetapkan sebagai hukum) ditemukan bahwa Hak Tanggungan dalam penerapannya sudah sesuai dengan Hukum Islam.
 
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inflasi, BI 7 Day Repo Rate dan Nilai Tukar (IDR/USD) terhadap Jakarta Islamic Index (JII) melalui BI 7 Day Repo Rate sebagai variabel moderating dan dan nilai tukar (IDR/USD) sebagai variabel intervening. Populasi penelitian ini adalah seluruh data bulanan Jakarta Islamic Index (JII) periode 2008-2018. Sampel penelitian berjumlah 100 ditentukan dengan rumus Slovin serta diperoleh berdasarkan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan menggunakan analisis jalur (path analysis), moderate regression analisys (MRA) dan Bootstraping bias corelated dengan bantuan program AMOS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inflasi dan BI 7 Day Repo Rate berpengaruh signifikan negatif terhadap Nilai Tukar (IDR/USD) namun tidak berpengaruh signifikan terhadap Jakarta Islamic Index (JII). Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa BI 7 Day Repo Rate tidak berperan sebagai variabel moderating terhadap hubungan antara inflasi dan nilai tukar (IDR/USD) begitupun pada hubungan antara inflasi dan Jakarta Islamic Index (JII) serta hubungan nilai tukar (IDR/USD) dan Jakarta Islamic Index (JII). Sementara nilai tukar (IDR/USD) berperan murni sebagai variabel intervening terhadap hubungan inflasi dan Jakarta Islamic Index (JII) serta hubungan BI 7 Day Repo Rate dan Jakarta Islamic Index (JII) dengan arah negatif dan bersifat full mediation karena inflasi dan BI 7 Day Repo Rate yang tidak berpengaruh signifikan secara langsung terhadap Jakarta Islamic Index (JII).
 
Investasi merupakan salah satu instrumen pembangunan yang di butuhkan oleh suatu negara dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya, termasuk negara Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh variabel persepsi dan modal minimal terhadap minat investasi di pasar modal syariah baik secara simultan maupun parsial. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan kuesioner (angket). Objek penelitian ini adalah masiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palu angkatan 2017 baik yang sudah membuka account di pasar modal maupun yang belum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel persepsi dan modal minimal terhadap minat investasi di pasar modal syariah dengan nilai signifikansi (Sig.) kedua variabel tersebut yaitu 0,000 < 0,05. Selain itu, secara simultan variabel persepsi dan modal minimal mempunyai pengaruh positif terhadap minat investasi dengan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 < 0,05. Begitu pula dengan membandingkan Fhitung dan Ftabel, maka diperoleh nilai Fhitung sebesar 82,237 > Ftabel 3,12. Nilai koefisien determinasi atau R Square adalah sebesar 0,684. Hal ini berarti bahwa variasi perubahan variabel minat investasi (Y) dipengaruhi oleh perubahan variabel persepsi (X1) dan modal minimal (X2) sebesar 68,4%. Sedangkan, sisanya (100%- 68,4% = 31,6%) dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti atau diluar dari penelitian ini.
 
Nilai-nilai dasar ekonomi Islam adalah seperangkat nilai yang telah diyakini dengan segenap keimanan, dimana ia akan menjadi landasan paradigma ekonomi Islam. Nilai-nilai dasar ini baik nilai filosofis, instrumental maupun institusional didasarkan atas Al-Qur'an dan Hadist yang merupakan dua sumber normativ tertinggi dalam agama Islam. Inilah hal utama yang membedakan ekonomi Islam dengan ekonomi konvensional, yaitu ditempatkannya sumber ajaran agama sebagai sumber utama ilmu ekonomi. Bisnis menurut Islam dapat diartikan serangkaian aktivitas bisnis dalam berbagai bentuknya yang tidak dibatasi jumlah (kuantitas) kepemilikan hartanya (barang/jasa) termasuk profitnya, namun dibatasi dalam cara dan perolehan dan pendayagunaan hartanya (aturan halal dan haram). Dengan kendali syari'at, bisnis bertujuan untuk mencapai empat hal yakni target hasil (profit materi dan benerfit non materi), pertumbuhan artinya terus meningkat, keberlangsungan dalam kurun waktu selama mungkin dan keberkahan keridhaan Allah Swt.
 
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh religiusitas dan lokasi terhadap keputusan nasabah memilih BRI Syariah dalam transaksi Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) Syariah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik pengambilan sampel disproporsional sampling dan accidental sampling. Teknik disproporsional sampling yang dipilih dengan sampling jenuh (sensus) yaitu metode penarikan sampel bila semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Penelitian ini pula menggunakan teknik pengambilan sampel accidental sampling, teknik sampling kebetulan dilakukan apabila pemilihan anggota sampelnya dilakukan terhadap orang atau benda yang kebetulan ada atau dijumpai. Dengan jumlah sampel yang diambil sejumlah 84 nasabah KPR Syariah di BRI Syariah KC Palu Wolter Monginsidi. Dalam melakukan proses data, penelitian ini meggunakan program SPSS 21.0. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda.Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data serta pembahasan hasil data disimpulkan bahwa religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah memilih KPR Syariah dengan nilai thitung> ttabel yaitu 4.673 > 1.993 dengan nilai probabilitas sebesar 0.000 lebih kecil dari 0.05. Lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah memilih KPR Syariah dengan nilai thitung> ttabel yaitu 3.348 > 1.993 dengan nilai probabilitas sebesar 0.001 lebih kecil dari 0.
 
Teknologi di Indonesia semakin tidak terbendung menerangkan peradaban semakin maju, tidak terkecuali bidang ekonomi mengalami perkembangan yang sangat cepat dalam bentuk sistemnya, terlihat dengan adanya system baru yang disebut dengan securities crowdfunding. Maka dari itu pemerintah telah mengeluarkan aturan yang mendasari setiap kegiatan tersebut melalui POJK nomor 57 tahun 2020. Securities crowdfunding memiliki 3 jenis produk yaitu efek ekuitas, efek utang, dan efek syariah (sukuk). Aturan securities crowdfunding tidak membahas secara rinci mengenai efek syariah (sukuk), sehingga keterlibatan dan kedudukan DSN-MUI tidak diketahui dalam menciptakan investasi sukuk yang bebas dari unsur riba’, maysir, dan gharar. Penelitian ini menggunakan pendekatan normatif konseptual sekaligus mengkoherensikan anatar aturan dengan shariah compliance
 
Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS telah menjadi sarana baru dalam bertransaksi secara online. Namun edukasi terhadap masyarakat dalam menggunakan QRIS masih sangat minim. Akibatnya masyarakat kebanyakan memperoleh pengetahuan tentang QRIS lebih banyak dari sumber tidak resmi seperti media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh media sosial terhadap pengetahuan tentang QRIS yang diperoleh mahasiswa di peguruan timggi. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan sampel mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu. Hasil penelitian ini menunjukkan baha media sosial berpengaruh secara signifikan terhadap pemerolehan pengetahuan tentang QRIS. Hal ini dinyatakan berdasarkan hasil uji SPSS 21 dengan nilai Fhitung sebesar 109.066 > Ftabel 3,95, dan nilai signifikansi (Sig) ,000 < 0,05 dengan nilai dapat disimpulkan bahwa secara simultan variable Media sosial (X) berpengaruh signifikan terhadap Pengetahuan tentang QRIS (Y). Dengan demikian madia sosial telah menjadi sarana yang efektif dalam pemerolehan pengetahuan baru seperti QRIS.
 
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan tentang pasar modal syariah terhadap minat investasi saham di pasar modal syariah Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian verifikatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi sebanyak 790 responden, sampel sebanyak 89 responden dengan menggunakan pengambilan sampel non Porbabilitysampling, yakni teknik purposive sampling. Variabel independen yaitu pengetahuan tentang pasar modal syariah (X) dan variabel dependen yaitu minat investasi saham di Pasar Modal Syariah (Y). Pengumpulan data menggunakan dua teknik yaitu kepustakaan dan kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear sederhana yang mempunyai bentuk persamaan Y= a + bX dengan bantuan program komputer IBM SPSS for Windows Relese 21.0. Untuk menganalisis pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen digunakan uji-t. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pengaruh pengetahuan tentang pasar modal syariah memiliki pengaruh signifikan terhadap minat investasi saham dipasar modal syariah pada mahasiswa FEBI IAIN Palu angkatan 2017-2018, dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, serta nilai thitung 8,734 > nilai ttabel 1,663. Implikasi dalam penelitian ini adalah bagi mahasiswa terlebih dahulu harus menggali, mengetahui dan memahami berbagai informasi tentang pasar modal syariah sebelum berinvestasi saham di pasar modal syariah.
 
Top-cited authors
Nurdin Nurdin
  • Universitas Islam Negeri Datokarama Palu, Indonesia
Rusli Rusli
  • UIN Datokarama Palu
Noval Noval
  • sari mulia university
Siti nur Aisyah
  • Technical University of Malaysia Malacca